Skip to main content

Kacang mete juga bukan kacang-kacangan, melainkan bua jambu mete



Kombinasi sayuran buah dengan buah-buah- an agak menyulitkan mereka yang pencernaan- nya sensitif.

Sayuran buah sebaiknya dimakan segar dan mentah.

Khususnya tomat, jika dima- sak kadar keasamannya akan meningkat Sayuran laut (agar-agar, kombu, nori, wakame) Jika membeli yang sudah dikeringkan, sebaiknya disimpan dalam stoples atau kantung plastik kedap udara dan letakkan di tempat kering darn sejuk 119 Pedoman Belanja Biji bunga matahari, biji wijen, biji labu kering Dikonsumsi sebagai makanan selingan (sebagai kuaci tanpa garam) atau cam- uran selada segar.

Manfaat dan cara penyimpanannya sama dengan pada kacang-kacangan Beras merah Selaput luar beras merah yang warnanya kecokelatan justru sarat dengan zat gizi.

Pilih yang kering, bersih, dan tidak berbau tengik.

Beli dalam kemasan kecil saja karena beras merah tidak tahan lama (semakin alami makanan semakin singkat daya simpannya).

Simpan dalam wadah kedap udara agar tidak kemasukan debu, uap air, atau kutu (cara masak lihat bab menu).

Tepung beras merah, ketan utuh, gandum utuh, jagung, kedelai, biji almond Tepung dari bahan yang belum diproses lebih bergizi walaupun tidak tahan disimpan lama.

Pilih yang kemasannya masih baik, dan isi serta baunya masih segar.

Pindahkan dari kemasannya ke dalam stoples kedap udara dan simpan di tempat sejuk, kering, dan gelap.

Tepung gandum utuh (wholegrain) tidak perlu disaring lagi agar zat nutrisinya tidak terbuang.

Pasta dari gandum utuh, soun, bihun, atau mi (basah atau kering) Hindari produk instan karena mengandung campuran zat-zat sintetis.

Pilih mi atau pasta kering yang kemasannya utuh dan rapat.

Bungkus rapat sisa yang belum terpakai dan simpan di tempat sejuk.

Dalam suhu ruang bisa tahan sampai 1-2 bulan.

Bungkus pasta atau mi basah dalam kantung plastik kedap udara dan simpan dalam lemari pendingin, segera diolah 1 atau 2 hari setelah dibeli.

Roti tawar/pitta/chapati/pizza dari tepung gandum utuh Roti tawar tahan lebih lama dalam lemari pendingirn.

Bungkus rapat dengan plastik supaya tidak lekas keras dan kering.

Roti yang tahan lama dalam suhu ruang umumnya memakai zat pengawet.

Roti panas jangan dibungkus rapat, karena uap panas yang terperangkap akan membuat roti jadi basi.

Sebaiknya simpan roti di lemari pendingin.

120 Pedoman Belanja Kacang-kacangan (kenari, kelapa, mete, pistachio, walnut, almond, hazelnut) Jenis kacang-kacangan ini merupakan sumber protein nabati yang bermantaa selama tidak dikonsumsi berlebihan.

Yang masih berkulit umumnya diproses, kecuali kacang tanah dan pistachio.

Hindari kacang yang suda tengik dan yang kulitnya mulai ditumbuhi jamur karena mempunyai efek racun.

belum h berbau Kacang tanah sebenarnya tidak termasuk kacang-kacangan, melainkan polong-polongan.

Kacang mete juga bukan kacang-kacangan, melainkan bua jambu mete.

Kulit kacang mete harus dikupas karena mengandung kaustik yang dapat merusak kulit.

Sedangkan kulit kacang tanah sangat muda dicemari jamur yang mengandung aflatoksin (zat yang menimbulkan kanker) sehingga tidak dianjurkan dalam Kombinasi Makanan Serasi.

Karena kandungan minyak lemaknya agak tinggi, kacang-kacangan sebaiknya tidak digarami dan juga tidak digoreng.

Lebih baik dimakan mentah atau disangrai sebentar.

Simpan kacang dalam wadah gelap, kering, dan kedap udara.

Polong-polongan (kacang bogor, kacang hijau, kacang hitam, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, lentil) Selaput luar polong-polongan mengandung trypsin inhibitor (zat penghambat enzim pengurai protein) yang dapat menyulitkan pencernaan.

Makanan ini juga merupakan sumber protein nabati yang bermanfaat bagi tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

Sewa Bus Pariwisata : Kiat Top Yayasan Surfrider Untuk Melindungi Lautan dan Pantai kita

Kiat Top Yayasan Surfrider Untuk Melindungi Lautan dan Pantai kita Kami sangat senang bisa bermitra dengan Surfrider Foundation, proyek amal yang didedikasikan untuk perlindungan dan kenikmatan lautan, ombak, dan pantai di dunia melalui jaringan aktivis yang kuat. Untuk menghormati Hari Bumi, mereka memberi kami kiat terbaik mereka untuk memastikan garis pantai dan lautan yang sehat untuk dinikmati semua orang di tahun-tahun mendatang, karena perubahan kecil dapat memberikan dampak besar ... Hari Bumi adalah kesempatan bagi kita untuk merenungkan kegiatan sehari-hari kita dan mempertimbangkan bagaimana kita dapat memperbaiki kebiasaan sehari-hari kita untuk berkontribusi pada perubahan positif. Bagaimana kita memperlakukan sumber daya air tawar kita di darat mempengaruhi kualitas air di hilir di pantai dan kesehatan ekosistem pesisir kita. Baik di rumah, di pantai atau di tempat kerja, merupakan tanggung jawab kami untuk melindungi persediaan air setempat dan mencegah polusi mencap

Daun kangkung Ini apakah bisa untuk obat Wasir

B. KANDUNGAN  bersifat, antiracun, antiradang, pe- Kangkung uh kencing, menghentikan perdarahan, sedatif luruh kencin dan menenangkan. Kangkung mengandung protein sitosterol. tidur). Kangkung juga besifat menyejukkan fosfor, besi, karoten, hentriakontan, dan C. RAMUAN 1. Mengurangi Haid Ambil 0,5 kg daun kangkung segar cuci, tum- buk halus, beri air secukupnya. Saring, beri 1 sendok makan madu. Minum habis 1x sehari sekaligus 2. Mimisan Ambil seikat kecil daun kangkung segar, cuci, tumbuk halus, beri sedikit gula, seduh dengan air panas. Setelah dingin, saring, minum 2x se- hari. 3. Sakit Kepala Ambil segenggam daun kangkung tumbuk halus, beri sedikit garam dan air secukupnya. Saring, beri madu. Minum 1x sehari sekaligus. Atau, ambil seikat daun dan batang kangkung segar rebus, minum air rebusannya. Ambil segenggam kecil akar kangkung cui bersih, rebus dengan 3 gelas air sampai airn tinggal . Setelah dingin , minum sehari 21 gelas. 6. Sakit

Pesan Nasi Kotak : Menikmati kopi Dalam Musim Kenangan

Menikmati kopi Dalam Musim Kenangan SEPTEMBER adalah bulan hantu, bagi saya, toh. Kembali ke sekolah memunculkan teman-teman yang dulu dekat, sekarang tersebar atau pergi. Layanan peringatan pusat Yom Kippur membangkitkan kerugian besar. Dan sejak 9/11, hampir mustahil untuk melihat langit biru akhir musim panas tanpa melihat - dan mencium - asapnya. Jadi itu sedikit mengangkat bahwa minggu ini membawa publikasi edisi ulang tahun ke 25 dari "Windows on the World Lengkap Wine Course" (Sterling, $ 27,95), oleh Kevin Zraly. Zraly adalah direktur anggur restoran dari tahun 1976 hingga 2001. Dia disewa oleh Joe Baum yang legendaris ketika dia adalah seorang penjual anggur berusia 25 tahun, seorang oenophile yang belajar sendiri dengan gelar sarjana pendidikan dari SUNY New Paltz. Meskipun ia tetap menekankan anggur Prancis, Mr. Zraly juga merangkul seluruh dunia, mengubah Windows menjadi kiblat anggur internasional. Pada saat itu dihancurkan ketika World Trade Center jatuh